Uncategorized

Suka Duka Kerja Online

Suka Duka Kerja Online

Sejak pandemi Virus Covid-19 melanda dunia, work from home menjadi istilah baru di dunia kerja. Intinya, kerjaan yang biasa dikerjakan di kantor, sekarang harus diusahakan bisa dikerjakan di rumah.

Tapi, sebelum WFH ini menjadi keharusan, jauh sebelumnya banyak orang-orang yang memang bekerja hanya di rumah. Pekerjaan mereka bisa dilakukan secara online, sehingga tidak perlu repot-repot ke kantor (atau kekantor, tapi tidak sering). Pekerjaannya macam-macam, entah itu freelancer dalam bidang apapun, hingga jualan online juga sangat bisa.

Berikut ini seorang penulis di forum Kaskus menceritakan suka-dukanya bekerja secara online. Bagi kalian yang ingin beralih profesi, atau cara kerja yang biasanya ngantoran, bisa menjadi pertimbangan bagaimana kerja online itu.

Berikut suka duka bekerja secara online menurut si agan di forum Kaskus:

SUKA

1. Kerjanya fleksible

maksudnya disini fleksible gak harus berangkat kerja pagi pulang sore dan tempatnya pun fleksible gak harus dikantor bisa cukup di rumah atau ngerjainya sambil nongkrong di cafe yg penting ada akses internetnya

2. Gak risau ama macetnya jalan

Kalian tau sendiri kalau orang berangkat kerja ke kantor pagi ama sore macetnya gimana ,kalau orang yang kerjanya online gak perlu macet-macetan , ya mungkin ada sih yg kerjanya kadang di jalan mungkin cod atau janji ama klien tapi tidak tiap hari.

3. Gak punya Boss

Sebagian besar pekerja online bekerja secara mandiri, sehingga tidak ada atasan. Meskipun begitu, customer atau klien harus dilayani dengan profesional, agar tidak berpindah ke lain hati.

4. Hidup bisa lebih hemat

kenapa bisa lebih hemat, karena tidak sering keluar rumah, bensin jarang beli, makan juga masak di rumah, tidak traktir rekan kerja, dan karena tidak ada rekan kerja jadi pengeluaran untuk kondangan pun jauh berkurang, karena relasinya berkurang.

Tadi sukanya kerja online, yuk kita cek dukanya seperti apa.

DUKA

1. Penghasilan gak pasti

Hal ini yang sering buat risau, pas kerjaan bulan lagi sepi pusing karena pendapatan kecil, padahal harus ada kebutuhan yang harus kita cukupi. Tapi pas banyak order atau kerjaan banyak, penghasilanpun banyak sehingga bisa nabung. Yang TIDAK enak itu seumpama ada orderan atau kerjaan dah kelar tapi belum transfer2.

2. Di cap sebagai pengangguran terselubung

Masyarakat kita taunya kerja itu kerja pagi pulang sore pakai seragam necis ke kantor, apalagi yang masyrakat di kampung masih awam sama kerjaan online. Kalian jangan tersinggung kalau dicap nganggur, dimaklumin sajalah yang penting dapur masih ngebul dan pekerjaan halal.

3. Tidak punya status sosial

status sosial disini, seperti pegawai yang kalau ditanyain kerja dimana “oh di perusahaan ini,” Kalau kerja online ditanya orang kerja dimana, di jawab kerja online di rumah,yg nanya selalu bingung, “kerja apaan tuh?”.

4. Sulit dapat pinjaman bank

Dikarenakan bank butuh slip gaji saat pengajuan kredit, sedangkan para pekerja online tidak punya slip gaji, sehingga sulit untuk mendapat kredit/pinjaman dari bank.

Itulah tadi plus minus kerja online. Tiap orang mempunyai caranya masing-masing untuk menghasilkan uang. Tidak perlu dibanding-bandingkan, cukup disyukuri, karena memiliki. pekerjaan yang menghasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *