Uncategorized

Tulislah Rencana

Tulislah Rencana-rencanamu

Beberapa bulan yang lalu, saya menonton sebuah video di salah satu channel youtube yang saya subscribe, tentang “cara mengambil keputusan“. Ada beberapa tips dari si content creator, yang menjelaskan langkah-langkah yang perlu diambil ketika akan membuat atau mengambil suatu keputusan, atau merencanakan sesuatu dalam hidup.

Ada satu tips yang menarik dimata saya, yaitu : tuliskan rencana atau keputusan yang hendak kita ambil.

Mengapa ini menjadi menarik? Karena saya sadar, saya sering merencanakan sesuatu, tetapi hanya sampai di dalam kepala saja, sehingga berakhir “tinggal kenangan”, alias tidak dikerjakan, cuma sampai di rencana.

Tulislah Rencana-rencanamu

Segera setelah video selesai, saya mengambil buku dan pulpen, dan menuliskan rencana yang saya rencanakan, yang sudah ada di kepala saya selama beberapa waktu lamanya itu (hampir-hampir saja saya lupa!)

Tidak hanya rencananya yang saya tulis, tetapi juga menuliskan kira-kira masalah apa saja yang akan muncul ketika rencana tersebut saya jalankan, beserta jalan keluar yang mungkin dapat mengatasi hambatan-hambatan itu.

Bagaimana hasilnya?

Sekitar dua minggu setelah saya menuliskan rencana itu, rencana tersebut benar-benar terjadi! Dan benar, hambatan yang saya tulispun, juga benar-benar terjadi. Tetapi dengan menuliskan rencana jalan keluar dari hambatan tersebut, saya menjadi lebih siap dan tahu apa tindakan yang harus dilakukan.

Tulislah Rencana-rencanamu

Dari pengalaman tersebut, saya menyadari besarnya dorongan untuk benar-benar melakukan suatu rencana ketika rencana tersebut ditulis.

Ketika menuliskan rencana saya itu, timbul ide-ide lain, juga jalan keluar untuk mengatasi hambatan yang mungkin akan terjadi, sehingga bukannya saya menyerah untuk merealisasikan rencana itu, tetapi saya sadar bahwa rencana tersebut sangat bisa untuk direalisasikan, karena cara untuk mengatasi masalah-masalahnya, sudah tersedia.

Secara mental, sayapun lebih siap.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian mempunyai pengalaman yang sama? Tuliskan pengalamanmu di kolom komentar.

Jadi, segera ambil kertas dan pulpen, ayo tulis rencanamu!

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *